Saturday, March 26, 2016

10 Tips Make Up Hemat ala Reihan Putri

Hello beauties,

Menyambung postinganku pada 200k Make Up Challenge aku akan bagi-bagi tips cara supaya bisa tetep tampil kece bermake up tapi tetep hemat. Sebagai seorang wanita plus beauty enthusiast, pastinya banyak banget wishlist make up yang ingin aku punya, dan gak tau harus nabung berapa lama sampe semuanya bisa kebeli, atau buat kamu sebagai pemula yang baru mencoba mengumpulkan satu per satu make up sambil nabung-nabung, aku punya beberapa tips yang aku terapkan sendiri supaya bisa lebih berhemat dalam bermake-up, dan disini, untuk kamu aku bongkar rahasiaku.

1. Multi Use Your Products
lipstick ga selamanya cuma bisa dipake di bibir, bisa juga lho untuk pengganti blush on, banyak juga kan brand yang mengelarkan lip and cheek product. Eyeliner juga bisa aja dipake di bibir, karena kedua bagian tubuh itu sama-sama delicate, nah apa yang bisa dipakai di mata bisa juga dipakai di bibir. Pensil alis dan eyeliner bisa jadi satu pensil yang sama. Contouring bisa menggunakan eyeshadow, dan sebaliknya. Jadi manfaatkan apa yang kamu punya semaksimal mungkin.

2. Discounts
Keep an eye of discounts! Biasanya kalau di counter diskon itu banyaknya pas di akhir tahun, walaupun sebenarnya untuk kosmetik dan fragrance itu jaraaaaang banget didiskon, tapi yah kalo beruntung bisa aja sih, nah tapi kalo kamu belanja di Sociolla kamu bisa dapet diskon 50ribu setiap pembelian minimal 200ribu dengan menggunakan kode voucherku "REI50" dan yang lebih serunya lagi, free shipping!



3. Gift With Purchase
Nah ini juga banyak diterapkan, walaupun biasanya kosmetik itu ga ada diskon, tapi banyak program gwp alias gift with purchase, biasanya yang dikasih adalah deluxe sample, yang kalo dihitung-hitung harganya juga lumayan banget, dan deluxe sample ini kalo kamu gak pake produknya bisa juga kamu jual hihi.




4. Join Give Away
Nah ini banyak banget beauty blogger, brand, online shop, yang mengadakan give away. Bisa banget kamu coba peruntunganmu dengan ikutan giveaway yang mereka lakukan, cuma saranku kalo mau ikutan giveaway janganlah sampe ganggu orang lain, dengan membanjiri feed IG atau twitter kamu dengan postingan yang itu-itu aja, atau ngetag/ngemention orang terus-terusan, kalo sesekali aja sih gapapa itung-itung berbagi juga sama temen kamu siapa tau mereka juga tertarik dengan hadiah give awaynya. Dengan ikutan giveaway kamu bisa dapetin produk-produk secara gratis, biasanya paling kamu cuma butuh buat gantiin ongkos kirimnya. Good Luck!



5. Samples
Pengen baget suatu make up/skin care produk tapi harganya mahal? Nah, banyak juga lho produk yang suka bagi-bagi sample secara gratis, atau banyak juga orang-orang yang dapet sample dari hasil gift with purchase kemudian ngejual gwp mereka dengan harga yang tentunya lebih murah dari harga produk aslinya. Dengan ini juga kamu ga perlu buang-buang uang kalo ternyata produk yang kamu beli gak cocok dengan kulitmu, dengan beli sample dulu kita juga bisa menentukan apakah kita akan rela splurge uang untuk beli produk dalam size aslinya atau nggak. Aku sendiri suka banget sama sample, karena enak juga untuk dibawa traveling, ga berat-beratin tas dan setelah dipakai bisa langsung dibuang hihi. Ada juga lho sample yang aku coba dan aku suka yang membawa aku beli produk dalam real sizenya.

6. Opt for Dupes
Aku paham sepaham-pahamnya kalo banyak high end make up yang sangat menarik hati tetapi juga sangat menohok kantong dari segi harga. Marilah bersama-sama kita berpelukan, tapi jangan sedih karena ada yang namanya dupes, dupes adalah duplikat alias produk yang mungkin drugstore atau sebatas harganya lebih murah dari produk high end yang kia inginkan tetapi memiliki warna atau hasil pengaplikasian yang hampir sama, toh ketika sudah diaplikasikan orang juga tidak akan tahu kan apa brand yang kita gunakan, jadi ini opsi yang bagus banget buat kamu yang mau berhemat tapi tetep gaya, tapi dupes itu beda merk ya, yang dikatakan dupes itu merknya tetep udah well-established dan terdaftar punya sertifikat bpom dan sebagainya cuma harganya lebih murah, bukan semerk tapi pelsongan alias abal-abal, say no bangetlah untuk yang salah satu.

contohnya: http://rumahcantikputri.blogspot.co.id/2015/03/how-i-clean-my-brushes-sigma-gloves-dupe.html

courtesy of moneycanbuylipstick.com


7. DIY a.k.a Do It Yourself
Kata siapa semua harus dibeli? kadang apa yang ada di sekitar kita juga bisa lho disulap jadi make up, kadang bahkan barang-barang yang udah kamu punya di dapurmu  bisa jadi produk make up. Contohnya cocoa powder sebagai bronzer, beeswax sebagai lip balm, kalo mau ada warnanya bisa kamu campur dengan eyeshadow, dan masih banyak lagi.

contoh: http://rumahcantikputri.blogspot.co.id/2015/01/diy-lip-palette.html



8. Set a No Buy
Maksudnya? Jadi kamu menentukan bahwa kamu ga akan beli make up sampe jangka waktu tertentu, contohnya yang pernah aku lakukan adalah waktu aku nulis skripsi, karena melihat banyaknya make up yang udah aku punya, tapi aku hobi banget beli make up baru, *oops*, jadi aku set a no buy deh, selama aku ngerjain skripsi aku ga boleh beli make up sama sekali, kecuali ketika aku berhasil menyelesaikan 1 bab, jadi ketika aku berhasil ngelarin 1 bab aku akan diperkenankan buat beli make up baru, hal ini juga menurutku sebagai salah satu pemacu semangat supaya cepet-cepet ngelarin skripsi hahaha. Dan karena beberapa waktu hemat ga beli make up, jadi pas saatnya beli bisa beli yang agak mahalan deh hehehe.

9. Opt for Preloved
Preloved, alias pernah disayangi, sebagai pecinta make up, make up-make up yang kita punya pastilah kita sayangi dengan sepenuh hati, ketika kita rasa ada produk make up yang kurang kasih sayang, alias jarang dipake, kita ingin supaya produk make up tersebut bisa jatuh ke tangan yang lebih bisa menyayanginya *apasih put sok sentimentil banget*. Nah, banyak banget beauty blogger atau pecinta make up yang ngejual make up mereka yang sudah preloved a.k.a second, ada juga event blog sale, dan tentunya harganya lebih murah daripada beli yang masih disegel, nah ini bisa banget jadi opsi buat kamu yang mau tampil cantik tapi budget terbatas.

contoh: http://rumahcantikputri.blogspot.co.id/p/blog-sale_18.html

10. Beauty Box Subscription
Apakah itu? Beauty Box Subscription adalah sebuah kegiatan berlangganan kotak yang isinya produk-produk kecantikan, bisa berupa sample atau full size, dan biasanya apa yang kamu bayar akan lebih rendah daripada value dari si beauty box tersebut, alias untung cin, tapi kamu gak bisa milih apa yang ada di dalam beauty box itu. Aku pribadi sih seneng banget sama beauty box subscription, rasanya kayak dapet surprise setiap bulan, dengan ini kamu juga bisa mencoba produk yang mungkin sebelumnya kamu gak kepikiran buat coba. Salah satu beauty box subscription yang bisa kamu coba adalah punya Sociolla, dengan program Sociolla Box nya,


Itulah 10 tips make up hemat yang bisa aku bagi ke kalian para readerku tercintah, kalo kalian ada tips lainnya boleh lho tulis di kolom komentar, kata siapa cantik butuh banyak modal? ya emang butuh sih, but not necessary kok, selamat mencoba!

2 comments:

  1. Thank you ka Putri untuk sharenya~ aku baru tau loh cocoa powder bida jadi bronzer hihi

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome, iya aku suka banget browsing DIY gitu salah satunya cocoa powder bisa dijadiin bronzer hehe, makasih ya udah main-main kesini

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com