Saturday, March 7, 2015

Highlight and Contour/Shading Tutorial feat City Color Contour Effects Palette

Hello beauties, kali ini aku akan membuat sedikit tutorial mengenai contouring wajah dan mereview sebuah produk yang sering disandingkan dan dibandingkan dengan the infamous Anastasia Beverly Hills contour kit. Tapi aku disini ga akan ngebandingin karena aku gak punya yg ABHnya haha *kalo ada yg mau ngasih boleh lho*.

Contouring sendiri merupakan salah satu teknik yg sudah cukup advance dalam dunia make up, karena gak semua orang melakukan contouring untuk daily make up, biasanya contouring hanya digunakan untuk make up malam atau acara2 khusus aja, seperti manggung, kawinan, wisuda, yang emang perlu heavy make up. Salah satu artis yg terkenal banget dengan contouringnya adalah Kim Kardashian



Contouring sendiri terdiri dari 2 cara yaitu highlighting dan shading, highlight sesuai namanya berfungsi untuk menonjolkan feature2 wajah yang memang sudah menonjol atau ingin lebih ditonjolkan, highlight digunakan pada titik2 tertinggi di wajah dimana cahaya tepat mengenainya. Sementara shading digunakan untuk membuat ilusi bahwa bagian2 itu lebih masuk atau lebih cekung, can't find the right words, but yes it is to make a shadow just like the name shading.

Ini contoh contouring oleh @Derssyourface a.k.a Tamanna Roashan seorang beauty guru yang cukup populer

Sebenernya sehari2 contouring sudah terjadi pada wajah biasa kita, God has made us with the natural contour, but when you apply foundation, they're gone, warna kulit kita jadi rata dan sama semua, makanya kita perlu untuk menambahkan contour lagi.

Contouring bisa dilakukan dengan beberapa cara, dengan liquid atau cream foundation/concealer, yg biasa disebut dengan shading dalam atau dengan powder, yang biasa disebut dengan shading luar, atau keduanya digabung. Kali ini aku hanya akan mempraktekkan shading luar yg lebih cepat, praktis, dan bisa digunakan sehari2, sementara shading dalam biasanya lebih dramatis, lebih awet, dan not necessarily needed for daily make up, only for special occassion.

Baiklah langsung saja, disini aku menggunakan City Color Contour Effects, yang sudah terdiri atas 3 buah powder, contour, bronze and highlight. Menurutku ini handy banget karena packagingnya juga sejenis cupboard bermagnet gitu, ringan, tipis, bisa dibawa2, dan di dalamnya udah ada semua yg kita butuhkan untuk contouring wajah plus ada tutorialnya juga.

Mari kita lihat dulu penampakan produknya dan akan langsung aku praktekkan contouringnya untuk kalian


Dilihat2 dulu ingredientsnya, dia gak di tes di binatang, tapi sayangnya masih mengandung paraben dan juga mengandung parfum, sehingga mungkin ga cocok di kulit sebagian orang.

Newbie? Perlu guidance? Jangan khawatir, it's provided :)


Cuma sekali seatch lho, dan warnanya langsung nyata


Nah langsung aja kita praktekkan di wajahku, disini aku emang bikin agak dramatis supaya klihatan pas di foto.

Disini aku sudah mengaplikasikan seluruh make up pada wajah, foundation, powder, eyeshadow, blush, eyebrows, on my lips cuma pake lip balm aja. Look at how chubby my cheeks are and how flat my nose is.

Voila let the contour begin, aku mengikuti step-step yang sudah diberikan di dalam box si City Color Contour Effects ini.

Aku takut banget produk yg tergolong amat affordable ini akan chalky, atau warnanya gak muncul, atau highlight ya cuma kaya kapur putih doang, but it turns out so nice. Contour dan bronzenya matte sementara highlightnya sedikit bershimmer tapi gak lebay, dan hasilnya memberikan efek glowing yg cakep dan pas. And they're so pigmented, so make sure to use a light hand when applying.

And I blend them using a buffing brush, thank God they're easy to be blended


This is the after, look at how my face so much more defined. Disini bisa kita lihat kalo cahaya datang dari kanan, sehingga highlight di sebelah kanan lebih terlihat, dan warna di sebelah kiri terlihat lebih medok, tapi gak kok sebenernya in real life mereka sama rata cuma ini perbedaan cahaya aja.



I absolutely love this City Color Contour Effects, I can't believe it's only Rp 105k and you got a decent amount of products, which are not abal2 but did a quite good job. I really love it, sayangnya warnanya hanya satu macam saja, sehingga mungkin kamu perlu agak pinter ngakalinnya biar masuk ke warna kulitmu, tapi untuk orang Asia aku pikir ini warna2nya udah pas kok, just make sure to use a light hand ya! 

Update: sekarang warnanya tersedia dalam 2 pilihan lho!

Simak juga tutorial cara aku mengcontour menggunakan produk berbentuk krim


30 comments:

  1. tapi kalau contouring ini membuat wajah look more mature ya kak.

    next time mau belajar ngecontour .

    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iya ya? Masasih? Hehe tp bisa jga sih kan makin chubby main keliatan muda hehe

      Delete
    2. Ka beli Contour Effect nya dimana? Harganya berapa? Liat ka putri jadi pengen nyoba ng-contour nih heheh

      Delete
  2. waah thanks for sharing this nice tutorial. lagi nimbang2 mau beli yg city color itu atau yg la girl brick blush.. bingung.. haha. oiya.. di postingan itu km tambahin blusher juga ya? soalnya agak kliatan pink.. atau cuma dr bronzer di palet city color itu? thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, disini aku pake blush juga pake cream blush aja sih hehe, thank uou for visiting :D

      Delete
  3. Wah nutupin bekas jerawat kadang bikin jibek

    ReplyDelete
  4. Maaf mau nanya. Duluan mana yah makenya shading dlu apa foundation?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, pakenya foundation duluan ya soalnya itu base riasan :)

      Delete
  5. Maaf mau nanya. Duluan mana yah makenya shading dlu apa foundation?

    ReplyDelete
  6. Hallo salam kenal :) keren banget yaaa teknik countouring ini~ aku ada niatan mau beli, cuma aku newbie sekali, takut gabisa pakenya hihi. Itu kalau ngeblendnya kan pake buffing brush, nah kalau apply nya pake apa ya? Thanks in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kalo favorite aku sekarang pake sculpt brushnya Real Techniques, klo untuk highlight bisa pake fan brush, semoga membantu :)

      Delete
  7. hi, beli dimana ya city colornya..?

    ReplyDelete
  8. Hi ^^
    Udah coba produk city color contour effects 2 nya blom? Klo sdah, bagusan yang 1 atau 2 ya ? Thx ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku belum coba tuh kebetulan tapi kayaknya yang beda di warnanya aja sih hehe

      Delete
  9. Bagusss hasilnyaaa, kakk bedanya bronzer sama contour itu apaa?

    Oh iya kak aku follow kaka yaaa, boleh follow back hihihi xD

    www.yubikanobi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi makasih ya, kalau contour itu untuk memberikan kesan bayangan jadi yang di contour tidak terlihat terlalu menonjol sementara kalo bronzer itu untuk kasih efek warm ke wajah, itu sih setau aku hehe. thank you udah visit ya, sure dengan senang hati ^^

      Delete
  10. Kak kalau untuk berminyak friendly ga yah? Kalau kulit berminyak yg bener tuh pakai product yg powder atau cream yaaah untuk semacam countouring gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, friendly kok untuk kulit berminyak memang sebaiknya pakai yang berbentuk powder ^^

      Delete
  11. Kak klu mau pake countour itu harus pake foundation dulu ya? Trus pake ap lg kak? Boleh d sebutin ga misalnya ap dlu trus bedak trus blush on dll

    ReplyDelete
  12. hai mungkin untuk step by step make up kamu bisa lihat di youtube channel aku glowing make up tutorial semoga membantu ^^

    ReplyDelete
  13. Really works!!! Jadi 2x lebi tirussss. Good review shay😊

    ReplyDelete
  14. Hay ka mau tanya itu yang tengah "bronze" ya? Gunanya kaya blush on gitu kan? Dan kamu gak make yang warna tengah itu ya?
    Bronze nya kamu pake warna pink?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan bronzer itu buat dipake di bawahnya blush, di bagian hollow pipi, kalo yg pink itu blush

      Delete
  15. Replies
    1. Hi di olshop gitu banyak kok, aku beli di makeuppucino

      Delete