Friday, March 3, 2017

FAQ Kuliah di Belanda #tanyajurusan | Beasiswa StuNed



Hai Put lagi kuliah di Belanda ya, kuliah dimana terus ambil jurusan apa nih?
Halo, yup aku lagi kuliah di Belanda di Tilburg University jurusan Master of Law and Technology. Juurusan ini coursework dan ditempuh dalam waktu 1 tahun, jumlah ECTS yang harus dikumpulkan adalah 60 ECTS dengan 18 ECTS thesis, 12 ECTS matkul wajib dan sisanya 30 ECTS pilihan dari 45 ECTS pilihan yg tersedia. Tidak ada internship wajib tapi cukup banyak internship yg ditawarkan.

Wow, ada mata kuliah apa aj sih di jurusan itu? terus mana yang paling kamu suka?
Buat list mata kuliah yang ditawarin di jurusanku kamu bisa klik link https://www.tilburguniversity.edu/education/masters-programmes/law-and-technology/program/
Kebetulan aku ambil semua mata kuliah, dan hampir semuanya aku suka sih, terutama Cyber Crime, IP, Privacy and Data Protection dan Biotechnology.

Di jurusan itu kira-kira bisa nulis thesis dengan topik apa aja ya?
Kalo di jurusanku thesis dimulai sekitar 3 minggu dari awal pertama kuliah, yup pas kamu bahkan gatau apa yang kamu pelajari, karena emang thesis trajectory kita setahun dan dikerjakan berbarengan dengan kuliah, jadi ga ada waktu khusus buat nulis thesis. Topik thesis pokoknya berkaitan dengan mata kuliah- mata kuliah yang ada, misalnya tentang IP, Big Data, Data Protection, Internet of Things, Intelligent Machines, dan banyak lagi. Nanti akan ada kelas pertama mengenai thesis disitu kamu bakal dijelasin segala hal yg perlu kamu ketahui tentang thesis termasuk topik apa aja yang bisa dipilih. Setelah itu kamu bakal dikelompokkin ke dalam thesis focus group untuk yang thesisnya masih dalam satu payung besar yang sama, dan nanti kalian akan dibimbing oleh satu supervisor dan ada juga peer review.

Waktu S1 kamu ambil apa sih? masih linear kah?
Waktu S1 aku ambil ilmu hukum dengan peminatan hukum pidana. Sebenernya sih ga terlalu sama ya karena di sini aku ambil hukum teknologi, dimana di Indonesia belum terlalu populer, tapi di sini syarat untuk ambil master hukum adalah harus punya gelar Bachelor of Law (untuk lulusan universitas di luar Belanda). Kalo ada persyaratan yang belum terpenuhi bisa juga ikut pre-Master, tapi pre-master hukum di Tilburg University hanya tersedia dalam Bahasa Belanda saja, kalo jurusan lain ada pre-master yang bahasa Inggris juga.

Gimana caranya biar bisa diterima kuliah di sana?
Caranya ya daftar aja haha, semua persyaratan dan tata cara daftarnya bisa kamu temukan dengan mudah di website https://www.tilburguniversity.edu/education/masters-programmes/law-and-technology/admission-application/notdd.htm

Disana biaya kuliahnya berapa ya? Apakah ada beasiswa?
Sewaktu aku masuk sih biayanya 14000 euro per tahun untuk mahasiswa Non-EU, tapi nampaknya setiap semester ada kenaikan biaya. Tentu dong ada banyak beasiswa yang tersedia, aku sendiri alhamdulillah dapat beasiswa StuNed, pilihan beasiswa lain yang tersedia bisa kamu lihat di https://www.tilburguniversity.edu/education/masters-programmes/law-and-technology/tuitionfeescholarship/
Banyak banget beasiswa yang tersedia di luar sana, asal aktif dan mau cari informasi, untuk kisah perjalanan beasiswaku bisa dibaca di sini.

Selain di Tilburg, jurusan ini ada dimana lagi ya di Belanda?
Jurusan yang sama persis sih gak ada, karena menurutku Belanda itu unik, bahkan untuk bilang mana universitas terbaik aja sebenernya susah karena tiap univ punya program sendiri-sendiri, jadi menurutku sih sesuaikan pilihan univ sesuai dengan yang programnya paling cocok buat kamu. Program yang mirip-mirip bisa kamu temukan di Leiden (Law and Digital Technology) dan UvA (Information Law). Mata kuliah dan informasi lengkap tiap universitas bisa kamu akses di website masing-masing, jadi tinggal bandingin aja mana yang paling pas buat mengakomodir keinginan kamu. Kalo aku sendiri pilih Tilburg karena coursework (di UvA research based), kemudian teknologinya yg dipelajari luas ga hanya seputar digital aja (di Leiden hanya digital technology).

Abis lulus mau ngapain nih? Emang ilmunya bisa ya diterapin di Indonesia?
Sejujurnya aku belum ada rencana pasti setelah lulus, mengalir seperti air aja hehe. Kalo ada yang berpikiran kuliah hukum di luar negei itu gak make sense karena sistem hukumnya beda, menurutku kuliah di luar negeri bukan hanya sekedar belajar pelajarannya, tapi banyak banget yang bisa dipelajari, lagipula hukum di Indonesia juga selalu berubah kok, bukan berarti kita kuliahnya ngapalin pasal kan. Tapi di sini kita bisa lebih belajar bagaimana membuat argumen hukum yang baik, bagaimana cara berpikir seperti orang hukum, bagaimana berinteraksi dengan orang lain terutama yang memiliki latar yang berbeda dengan kita, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa mengambil pelajaran mana yang baik untuk diterapkan di Indonesia seandainya belum ada. Kalo pesennya Bu Indy koordinator beasiswa StuNed, kita jangan hanya jadi pelajar tapi jadilah pembelajar.

Ada pesan-pesankah untuk yang mau lanjut kuliah di Belanda?
Kalo kamu punya kesempatan buat kuliah di Belanda, I am 100% sure that will be one of the greatest moment in your life, kesempatan langka yang harus disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selebihnya bisa kamu baca di postingan ini

Terimakasih banyak sudah mau sharing, semoga sukses menyelesaikan masternya dan bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang baik, Indonesia menunggu kiprahmu!
Aamiin, makasih banyak, memang lagi butuh banyak doa nih haha. Tetap semangat! Good Luck!




8 comments:

  1. Omg, aku bacanya kayak wow keren banget, jadi mau. Tbh, aku pengen abis lulus S1, mau lanjut di eropa, dan kayanya belanda bisa jadi referensiii <3 Semangat trus ya kak putri kuliahnyaaa!
    Anyway, I'm following you via GFC. mind to follow me back? Thanks a lot!

    XOXO, Syarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih, semangat juga ya kamu, udah aku folbek yaa :)

      Delete
  2. Keren Mbak..
    Jadi termotivasi untuk lanjut S2. Semoga nanti lulus dengan hasil yg memuaskan dan ilmunya bermanfaat ya Mbak.

    Salam kenal

    ReplyDelete
  3. Hello, salam kenal. Aku lagi preparing my phd dan targetku adalah Belanda. Thanks for sharing yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome, wah keren mau PhD, good luck!

      Delete
  4. Abis baca, langsung pusing :)))))

    It's good to know orang yang punya cita2/keinginan dan bisa wujudin kayak kamu ya. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, apa kabar kuliahnya kak, pusing kuadrat. Alhamdulillah yah dikasih jalan sama Allah hehe, maaciiy.

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com