Wednesday, February 26, 2020

Mas, Aku Hamil

Holaaa, long time no see dear blog, jadi hari ini aku kepikiran buat update blog lagi karena lagi ada kasus yang viral banget di media yaitu seorang komisioner KPAI mengatakan bahwa berenang di kolam renang yang sama antara laki-laki dan perempuan bisa menyebabkan hamil, yang mana tentu saja hal tersebut tidak tepat, parahnya yang ngomong itu orang yang berpendidikan dan punya jabatan tinggi, alhasil jadi super duper viral sampe-sampe media asing aja ngeliput tentang itu.

Jadi aku hari ini alhamdulillah sudah 19 weeks and 4 days pregnant, yeay! Setengah jalan alhamdulillah telah dilalui, terus berpikir buat cerita-cerita sedikit untuk mengabadikan kisah kehamilan pertamaku ini di blog, karena sayang juga ya kalau berlalu begitu saja tanpa memori berupa tulisan.

Oke, tulisan berikutnya mungkin bisa jadi ada yang 17++ atau too much information, jadi mohon kebijaksanaan pembaca aja ya.

Aku dan Baim resmi jadi suami istri tanggal 2 Maret 2019, sebelum menikah kita sudah menyepakati banyak hal sih termasuk masalah anak, untuk masalah anak kita sepakat mau punya anak insya Allah 2 aja kalo dikasih sama Yang Maha Esa, tapi kita mau take it easy, santai aja setahun pertama menikah, mau puas-puasin pacaran dulu, honey moon dulu, jadi bukan yang langsung program, dan kalo misalnya ternyata kita sampe ga dipercaya yaudah emang bukan rejekinya aja gitu, yakin aja pasti rencana Allah Swt yang terbaik.

Sebelom nikah kita sering banget berenang bareng lho, untung ga hamil ya LOL *pun intended*, ternyata "bikin anak" ga segampang itu shay, sebagai 2 orang yang sama sekali 0 experience sebelom nikah butuh banyak adjustment dan cari-cari referensi ternyata, kirain mah karena udah naluri manusia bakal gampang aja gitu ya dan langsung berhasil, ternyata enggak sama sekali, awal-awal clueless banget pas prakteknya walaupun teorinya udha paham, dan kalo kalian tau betapa kan orang-orang di luar sana sangat glorifying proses bikin anak itu sampe banyak yang melakukannya di luar nikah, buat kami sampai berapa bulan setelah menikah tuh belom juga ketemu celah buat enaknya, sampe awal-awal tuh bingung banget sih kok orang-orang bisa demen banget sih, tapi ya as time goes by dengan banyak berlatih akhirnya kita mengerti juga sih kenapa ini bisa jadi kebutuhan primer banyak orang, dan bisa enak di kedua belah pihak. Buat cewek-cewek, sex supposed to be enjoyable for both parties ya, jadi kalo sampe kalian ga nyaman atau sakit udah pasti ada yang salah, dan jangan lupa komunikasi juga sih sama pasangan kalian nyamannya gimana, sukanya gimana, gasukanya gimana, karena pasangan kita bukan cenayang ya.

Enam bulan pertama menikah itu kita masih tinggal sama orang tua, seminggu seminggu gitu gantian sambil menunggu rumah kami selesai di renovasi, kalo tinggal sama keluarga udah pasti ya gabisa bebas-bebas banget, apalagi kalau mengeluarkan suara-suara gitu atau bisa aja tiba-tiba pintu kamar diketok dan sebagainya, selain itu ena-ena itu ternyata emang cocok disebut olahraga malam karena butuh banyak energi dan emang capek banget setelahnya, dan kondisi abis kerja seharian kadang tuh yah udah terlalu lelah aja, jadi kalo mau punya anak itu idealnya berhubungan setiap 2-3 hari sekali karena sperma tahan hidupnya cuma segitu lama dan fresh diproduksi, nah buat pasangan milenial kaya kami bisa seminggu sekali aja udah syukur.

Enam bulan pertama itu alhamdulillah ortu dan mertua gapernah heboh nanyain soal cucu sih, kalo sodara-sodara yah adalah yang iseng nanyain tapi kita sih cuma bisa jawab doain aja hehe, dan aku waktu itu juga baru dapet kerjaan baru dan diminta buat kalo bisa tunda dulu punya anak supaya bisa adjust sama kerjaannya dulu.

Bulan September, kami pindahan ke rumah sendiri, jadi lebih bebas dong ya berekspresi hehehe. Waktu itu  pertengahan September aku sakit batuk pilek, jadi memutuskan buat ke RS Puri Cinere yang deket rumah buat ke dokter THT, emang aku tuh ada amandel jadi langganan banget ke dokter THT, nah pas di RS itu tiba-tiba mami bilang kalo temennya yang obgyn lagi praktek disana, sekalian aja cek, tanya-tanya apa kek gitu. Waduh mulai nih ada pressure dari ortu hehe, yasudahlah akhirnya akupun bertemu sama dokter obgyn temen mami itu dengan alasan haid ga teratur, karena emang siklus haidku itu panjang banget sampe 40 hari padahal normalnya 21-35 hari, dan waktu itu berat badanku naik drastis, dalam 6 bulan udah naik 18kg bayangin aja.

Akhirnya aku cerita-ceritalah, lalu di USG transvaginal juga, alhamdulillah rahimnya sih sehat, cuma aku emang udah tau sebelumnya rahimku bentuknya love atau bicornuate uterus tapi kata dokternya itu ga masalah tetep bisa hamil cuma gabisa lahiran normal aja paling jadi harus cesar, di ovarium juga cuma kelihatan satu telur yang sedang bersiap-siap matang cuma katanya karena lemakku kebanyakan jadi telurnya matangnya lama, ovulasinya lama, jadi siklus haidnya lama, dan kayaknya dokternya agak curiga aku pcos juga jadi disuruh tes lab hormon gitu sama HSG deh kayaknya, Baim disuruh tes sperma dan curhat ke Androlog terus aku diresepin obat metformin sama vitamin inlacin, buat Baim diresepin vitamin oligocare namanya. Terus aku juga dikasih tau buat hamil itu hubungannya harus pas ovulasi, ovulasi itu terjadinya pas masa subur, masa subur itu sekitar satu minggu tapi ovulasi cuma terjadi satu hari, pas masa subur itu 2 hari sekali harus berhubungan biar cepet jadi, biar spermanya masih fresh dan emang sperma tahannya cuma segitu lama di rahim, kalo keseringan spermanya kurang optimal juga diproduksinya, jadi 2-3 hari itu paling optimal lah untuk sperma yang bagus dan sel telur bertemu, terus dokternya juga bilang emang masalah milenial sekarang tuh ga ada waktu buat berhubungan rutin, yang mana ya aku amini banget seminggu sekali aja udah syukur wkwk. Terus aku juga dikasih tau kalo abis hubungan itu jangan langsung dicuci bersih, sperma itu bukan kotoran, biarin dulu dia berenang-berenang sampe masuk, dan selama ini aku kalo abis berhubungan langsung cuci sebersih-bersihnya LOL, kata dokterku pantes aja kalo itumah yang hamil nanti WCnya, jadi kalo keluar di dalem langsung dicuci aja membuat potensi terjadinya kehamilan sangat kecil apa kabar di kolam renang yekhaan, ambuar dah, lagian siapa juga sih yang ngeluarin sperma di kolam renang, nah karena aku ovulasinya ga jelas waktunya karena waktu haidnya ga teratur jadi disaranin ya kalo mau jadi harus diusahain tiap 2-3 hari sekali. Dan dokternya juga minta aku sama Baim untuk turunin berat badan supaya lebih subur.

Pulang dari situ aku tebus obatnya, metformin itu sebenernya obat diabetes tapi kata dokternya kalo dikonsumsi sama yang ga diabetes bisa bikin subur dan bisa ngelancarin haid dan efek samping lainnya adalah bikin kurus, jadi targetku itu pas pulang dari dokter adalah untuk nurunin berat badan dan melancarkan haidku. Tes lab dllnya itu tunda dulu lah sampai kalo kami emang udah niat banget mau program punya anak karena bayarnya kan mayan ya, dan vitaminnya juga aku simpen dulu buat nanti minumnya pas udah niat banget mau bikin anak. Cuma si metformin doang yang aku minum dengan harapan berat badan turun dan haid jadi lebih lancar. Dokternya juga udah kasih tau metformin itu bikin mual, aku diresepin 3x sehari, tapi kata dokternya minumnya bertahap aja jadi 1x sehari dulu seminggu, lanjut jadi 2x seminggu baru jadi 3x seminggu, biar efek sampingnya ga parah-parah banget.

25 September aku haid, lalu selesai haid aku baru minum metforminnya dengan naikin dosis pelan-pelan, aku juga mulai kurangin karbo dan mulai sering jalan pagi/jalan sore, karena emang komplek rumahku di Cinere itu enak banget buat jalan, terus dari kantor ke rumah mertua yang jaraknya cuma 1,5km juga aku sering jalan kaki, terus aku juga beli jus herbal sama lemon gitu buat nurunin berat badan, tapi ternyata beratku stuck sih, tapi ya masih mendinglah karena sebelumnya naik-naik terus.
Aku harusnya mens lagi itu sekitar minggu pertama November, tapi belom juga haid, saat siklus hari ke 40 aku coba testpack karena aku kaya pilek batuk gitu dan mau minum obat, tapi karena belom mens aku coba test pack aja dan hasilnya negatif, aku pikir paling cuma telat aja sih jadi aku tetep minum obatnya, dan aku udah mulai naikin dosis metformin jadi aku mual banget bahkan sampe muntah, tapi aku pikir itu efek metformin plus batuk jadi combo gitukan, akhirnya dosis metforminnya aku turunin lagi, Hari Sabtu tanggal 9 November itu aku ada acara sama KumparanMom dan Prenagen tentang mempersiapkan kehamilan, artiklenya bisa dibaca di sini ya, terus aku jadi tau ada Prenagen Emesis yang buat ngurangin mual, aku akhirnya beli aja tanpa tahu kalo ternyata aku sebenernya emang udah hamil pada saat itu, waktu itu aku pikir mungkin ampuh juga buat ngeredain mual karena metformin. Dan itu aku masih nyetir sendiri Cinere-Bekasi-Cilandak dan bahkan ikutan yoga juga disana.

Hari Seninnya tanggal 11 November itu aku makan malem Bebek Slamet lengkap dengan sambelnya di rumah mertua, pulang ke Cinere aku muntah parah ampe keluar semua plus mimisan, combo, dan aku langsung minum aja itu si Prenagen Emesisnya, besok paginya aku merasa janggal, sepertinya harusnya kalo aku minum obat itu siklusku kan jadi bener ya, kenapa udah hari ke 50 aku belom haid juga ya, yaudah dengan testpack yang tersisa aku iseng aja test paginya, dan ternyata eng ing eng dua garis dong, langsung nyata banget gapake samar-samar, dan itu subuh-subuh, aku langsung fotoin ke mamiku terus mami gatau artinya apa haha, terus aku bangunin Baim sekalian suruh solat subuh dan malah dikira bercanda bilang hamil, terus doi tidur lagi bzzzttt, karena kurang kreatif jadi aku kasih taunya langsung aja ga pake surprise kaya di yutub2 gitu. Akhirnya tanggal 14 November hari Kamis aku ke dokter lagi dan  di USG transvaginal lagi dan bener aja dong udah ada kantong kehamilannya kira-kira 5 minggu, yeay Alhamdulillah!

si dua garis merah
yang bulet seuprit itulah kantongnya, ukurannya baru 5mm


Setelah diingat-ingat lagi jadi tanggal 24 Oktober itu Baim ada outing kantor ke Jogja, nah biasanya kan jadwal kita itu pas weekend ya karena pas hari kerja udah capek, tapi karena weekend bakal ga ketemu yaudah pagi-pagilah disempetin dulu daripada ntar kangen, LOL, nah karena abis subuh itu aku ngantuk banget jadi sesudahnya tuh bener-bener langsung tidur lagi nyenyak banget, baru kebangun lagi udah jam 7an gitulah Baim udah siap-siap mau berangkat ke kantor, jadi ada jeda beberapa jam sebelom aku bersih-bersih, dan ternyata manjur juga gaes kata dokternya buat jangan langsung dibilas, jadilah dedek.

Kehamilan ini emang ga direncanain sih, tapi insya Allah kami udah siap, dan selalu yakin kalo waktunya Allah Swt udha pasti paling baik, aku emang pernah ngebatin sih pengen punya anak di usia 26 tahun dan kalo udah pisah rumah sama ortu, Alhamdulillah dikabulkan, menurutku yang paling penting ya harus siap sih, karena jujur aja waktu sebulan pertama nikah itu aku sempet telat haid juga dan pas test pack negatif terus besoknya langsung haid itu rasanya legaaa karena emang belom siap, Baim pun sama ternyata wkwk.

Buat yang baca, yang sedang berikhtiar untuk punya anak semoga disegerakan tapi yakin aja waktunya Allah Swt udah pasti paling tepat, tapi kalo udah setahun rutin berhubungan 2-3x seminggu dan belum hamil cuss periksa ke dokter ya, dan mohon doanya supaya kehamilanku lancar dan sehat sampai nanti melahirkan anak yang sehat dan sempurna, dan doakan juga supaya aku dan Baim bisa jadi orang tua yang baik ya. Insya Allah.


No comments:

Post a Comment