Tuesday, July 17, 2018

Putri Baim jadi Manten Series: Hunting Sanggar Minang


Hola semuanya, balik lagi dengan Putri Baim Jadi Manten Series, setelah ngebahas tentang hunting venue sebenernya banyak yang request buat bahas soal katering, tapi aku lagi ingin bahas soal pencarian Sanggar Minang lebih dulu deh, boleh ya, ya bolehlah orang blog aku sendiri kok wkwkwk. 

Jadi dari gedung yang aku pilih terdapat rekanan-rekanan dekorasi, 5 diantaranya adalah Sanggar Minang, yang mana mereka gak hanya menyediakan dekorasi tapi juga baju dan perlengkapan adat minang, jadi memang kita sudah sepakat buat ambil tema adat Minang karena pelaminan sama bajunya itu W-O-W gitukan, cakeplah pokoknya, dan kapan lagi pakai baju adat, kalo baju nasional atau internasional saja kan ga musti pas nikahan maksudnya wkwkwk. Aku sendiri campuran Minang – Gorontalo, Baim aseli Jawa Tengah, sesuai kesepakatan akad nikah akan pakai adat Jawa dan resepsi akan pakai adat Minang.

Petualanganku mencari Sanggar Minang lumayan sih, aku sudah sampe datengin beberapa sanggar minang, datengin pas mereka perform, sampe fitting bajunya, ada juga yang baru sekedar tanya-tanya via chat atau bahkan baru sebatas kepoin IGnya saja. Setelah bergalau-galau ria akhirnya kitapun sudah menentukan akan memakai Sanggar Minang apa, aku akan bahas satu per satu pengalamanku ya hehe, siapa tahu bisa membantu calon anak daro jo marapulai yang akan segera baralek gadang.
Sanggar Minang biasanya menyediakan semua kebutuhan adat, pelaminan, baju, suntiang, tari-tarian, musik adat, dan tambahannya adalah dekorasi yang biasanya harganya berbeda lagi dari paket kebutuhan adat.

 5 Sanggar Minang yang jadi rekanan di venue yang aku pilih

      Sanggar Minang Djusmasri (@sanggarminangdjusmasri)

 
pelaminan warna emas murni, khas Djusmasri banget
Ini adalah sanggar minang pertama yang aku datengin karena pertama kali kita naksir banget sama adat minang juga pas nikahan anaknya teman mami di venue yang akan jadi venue ku juga, dan dia pakai sanggarnya Djusmasri. Waktu aku telepon untuk tanya-tanya mereka suruh aku langsung dateng saja ke sanggarnya supaya lebih jelas, mereka gabisa kasih pricelist via telepon. Pertama dateng langsung sama mami dan Baim, terus kita langsung disambut sama Tante Djus nya sendiri, dan Tante Djus cerita panjang x lebar tentang segala macem, mulai adat minang, tata cara pernikahan mulai dari akad sampai resepsi, sampe pernikahan anak-anaknya, terus akhirnya kita dikasih harga, tapi karena kita baru pertama kali datengin sanggar minang dan belum punya bayangan dan perbandingan jadinya ya kita belum langsung deal saat itu juga. Waktu itu penawaran yang dikasih untuk pelaminan, tari-tarian, dll yang sesuai paket mereka minus make up adalah Rp 79 juta.

Untuk dekorasi tentu bervariasi tergantung gedung dan kebutuhan, untuk di gedung yang aku pilih sih katanya dekorasinya start dari Rp 50 juta. Tapi Sanggar Djusmasri gak keberatan kalo kita mau ambil dekorasi dari dia atau dari vendor lainnya.

Waktu itu aku sempet ketemu Djusmasri lagi di beberapa wedding fair, dan sempet coba bajunya juuga, alhamdulillah muat dan katanya Djusmasri memang pilihan bajunya banyak, sizenya juga bisa digede kecilin, baju buat bapak dan among tamu juga banyak warna dan banyak ukuran karena memang dia ini sudah lama banget berdirinya dan kliennya itu tiap weekend sehari bisa 5 pengantin, bahkan pas bulan Maret 2018 aku tanya dia sudah ada yang booking buat September 2019, jadi harus cepet2an buat ngetag baju dan pelaminan  juga.

Alamat: Jl. KH Syakkdan/Jl U No. 3 Kemanggisan Palmerah Jakarta Barat, telp 021- 5482270

       Des Iskandar (@desiskandarwedding)

 
Secinta itu sama pelaminan megah dan detailnya
Sanggar selanjutnya yang dari foto-foto IGnya itu bikin jatuh hati karena detail baget, alus banget ukiran pelaminannya, dari jauh saja kaya sudah megah banget, dekorasinya cucmey, dan sering banget dipake sama anak pejabat, lumayan sering juga tampil di venue yang aku pilih. Akhirnya walaupun nun jauh di Kelapa Gading sana, aku, mami, Baim dan mamanya Baim pas hari libur rame-rame kesana, karena sanggar ini gak mau ngasih pricelist kalo kita gak datengin langsung. Hari itu juga kita langsung survei ke venue yang kita pilih karena Des Iskandar kebetulan lagi perform hari itu, dan dekornya memang another level banget sih, Cuma yang hari itu itu yang lagi pesta memang bukan rakyat biasa alias ya pejabat gitulah ya dan harga dekornya fantastis, tapi memang juara banget sih.

Sayangnya bajunya Des Iskandar ini terbatas, dan kayaknya penganten mereka selalu cilik-cilik sehingga ga ada baju yang muat sama akooh, so saaad, baju buat bapaknya juga terbatas, kalo mau yang agak jumbo harus sewa perdana yang mana jaitnya mahal lagi brooh, padahal suka banget sama pelaminan dan dekorasinya hiks hiks.

Oh iya, Des Iskandar mewajibkan kita untuk pakai dekorasi dari dia juga kalo ambil paket adatnya, kalo kita mau dekor lain maka kita harus minta persetujuan sama Tante Desnya langsung, dekor di luar mereka yang biasanya di approve untuk digunakan adalah Stupa Caspea.

Waktu aku minta paketnya untuk paket adat aku dikasih penawaran Rp 115 juta dan untuk dekorasinya Rp 135 juta.

Waktu itu aku sempet liat pas mereka perform di venue yang sama tapi dengan harga dekorasi yang mereka kasih quotationnya ke aku, ternyata beda banget ya sama yang waktu itu aku liat hehehe, yaiyalah ya ada harga ada barang pastinya.

Alamat: Jl Kelapa Gading Boulevard DF 2 Jakarta Utara, WA: 0811928243

Puti Sarah (@putisarahwedding)

pelaminan dome aka Minang Maroko yang jadi signaturenya
 
Ini adalah sanggar minang yang bajunya bikin jatuh hati karena modern begitu, beda dari yang lain karena memang si Sarahnya itu lulusan fashion design, dan kakaknya lulusan arsitek, jadi pelaminan mereka juga beda dari yang lain, yang paling khas dari pelaminannya Puti Sarah adalah bentuknya yang menyerupai dome, dan katanya belom ada pelaminan minang lain yang bisa niru domenya kaya begitu, pelaminan minang dengan dome kaya begitu dikenal dengan nama Minang Maroko.

Sebelum aku dateng aku sudah tanya-tanya via wa dan telepon, dan pihak Puti Sarahnya sih sangat welcome, tanya perkiraan pricelist via WA juga bisa walaupun baru retang estimasi ya. Karena naksir banget sama baju dan pelaminannya, aku akhirnya datengin langsung sanggar Puti Sarah yang lokasinya ga terlalu jauh dari kantor mami, berdua saja sama mami waktu itu, dan baju yang aku taksir juga sudah aku cobain dan muat alhamdulillah. Sayangnya walaupun dia rekanan dengan venue ku tapi dia belom pernah tampil dan belom akan tampil dalam waktu dekat di venue yang aku pilih, padahal ingin liat langsung performance mereka.

Untuk paket adat Minang aku dikasi quotation Rp 89 juta dan untuk dekorasinya Rp 145juta. Puti Sarah mengijinkan untuk pakai dekorasi dari pihak lain.

Alamat: Jl. Gunung Sahari V No. 9b Jakarta Pusat, telp 021-4245550

           Cinduamato Nusantara (@cinduamatonusantara)
Aku belum survei ke vendor ini, IGnya juga dikunci dan aku belum diaccept. Tapi aku sudah whatsappan sih dengan pihak Cinduamato, sebenernya sudah diajak ketemuan beberapa kali tapi karena belum pernah liat langsung performancenya jadi agak ragu, walaupun sudah dikirimin beberapa foto via whatsapp.

Aku selalu minta diundang kalau vendor lagi perform yang kira-kira mirip-mirip skalanya dengan konsep yang aku inginkan, sayangnya aku belum pernah ketemuan dengan Cinduamato, belum pernah liat performancenya juga dan sudah keburu deal dengan vendor lain.

Aku sempet dikasih quotation, untuk adat minang minus pelaminan di Rp 25 juta.

Kontak: WA 081212273928

      Elly Kasim (@ellykasim.ek)
mevvah sist

      Baca dimana-mana semua pada bilang kalo Tante Elly ini adalah vendor minang yang paling pricey, dan aku liat di IG nya memang rata-rata kliennya wow-wow begitu, pelaminannya mewah banget, gak tradisional banget banyakan sudah lebih modern Minangnya, dan tante Elly selalu foto bareng sama mantennya.

Aku gak datengin sanggarnya tapi kebetulan waktu itu mereka ikut pameran wedding di hotel Kartika Chandra, jadi ya sekalian saja aku tanya-tanya, mereka buka harga untuk adat Minang itu di 75 juta, tapi begitu aku tanya untuk gedungku harganya berubah menjadi 140 juta, baru buat adat Minangnya saja, dan dapetnya dikit dibandingkan sanggar minang yang lain, make up belum dapet, terus banyak deh yang belum dapet, pantes saja semua orang yang review banyak yang bilang mahal ya. Uni yang jaga stand sih bilang dateng saja dulu nanti bisa nego sama Tante Elly nya, tapi denger harga pembukanya saja sudah mules duluan gitu kan. Dekorasi juga harus pakai yang kerjasama sama Elly Kasim, biasanya sih Suryanto Dekorasi atau Watie Iskandar Wedding, yang mana mereka juga vendor dekorasi dengan harga fantastic baby gitu, wkwkwk.

Akhirnya yaudah aku hanya berakhir dengna tanya-tanya dan lihat-lihat di booth itu saja dan gak berkunjung langsung ke sanggarnya tante Elly.

Alamat: JL Beton 68 RT 003/04, Pulo Gadung, Jakarta, 13210, RT.8/RW.5, Kayu Putih, East Jakarta City, Jakarta 13210

Sanggar Minang lainnya di Jakarta yang sudah aku survei atau sekedar kepoin Instagramnya

1.       Gadih Ranti (@gadihrantidekorasi)

pelaminan Bagonjong Gadih Ranti di Antam
Gadih Ranti ini aku tahu dari sesama teman blogger yang dulu pakai Gadih Ranti sebagai vendor minangnya, terus aku kepoin IGnya dan aku suka sama dekorasinya, baju-bajunya juga cantik, aku hubungi via WA dan minta quotation sesuai yang aku mau.

Karena Gadih Ranti ini bukan rekanan dengan venueku maka Gadih Ranti gak bisa mengisi dekornya hanya sebatas adat Minangnya saja (pelaminan termasuk dekor tapi Gadih ranti bisa meminjamkan pelaminannya ke vendor dekorasi yang rekanan).

Waktu itu aku datang pas mereka perform di Gedung Antam, menurutku sih pelaminan dan dekorasinya cantik, baju penerima tamunya juga bagus, sayangnya mereka gapunya baju ready stock yang ukurannya segede aku #nasibgendut. Walaupun acaraku masih lama dan uninya bilang siapa tahu nanti ada yang jahit perdana seukuran aku, tapi mami gamau gambling.

Quotation untuk paket adat Minang Rp 46,5 juta

2.       Dinda Sakato (@dindasakato)

nyobain bajunya Dinda Sakato
Aku tahu vendor ini dari list rekanan vendornya BRP Smesco, ternyata waktu sepupuku nikah tahun 2017 ini adalah vendor Minang yang dipakenya. Aku hubungi pihak Dinda Sakato via Whatsapp, pelaminannya yang tipe Pagaruyung itu mengambil hati banget, setelah ngobrol-ngobrol via WA dan dikasih perkiraan harga juga, plus pihak Dinda Sakato menjanjikan bisa paes lanjut suntiang, dia juga menyediakan attire Jawa lengkap, yang mana ga ada sanggar lain gak ada yang bisa memenuhi, akhirnya berangkatlah aku, Baim, mami dan mamanya Baim ke Dinda Sakato.

Disana, aku dan Baim coba beberapa baju, alhamdulillah ada yang muat, walaupun belum ada yang sreg sih. Aku juga sempet liat perform mereka di Dhanapala. Karena Dinda Sakato gak rekanan sama venueku maka dekorasinya juga harus ambil dari vendor dekorasi yang rekanan.

Quotation untuk adat Minang yang dikasih ke aku Rp 105 juta (pelaminan bikin baru)

3.       Sibayau-bayau(@sibayaubauayuwedding)
Vendor ini aku disaranin sama WOku, katanya ownernya baik mau bikinin baju perdana tanpa charge tambahan, akhirnya waktu mereka perform di Sasono Adiguno TMII aku dan mami dateng buat survei, ternyata mami kurang suka sama pelaminannya.

Untuk vendor-vendor dibawah ini aku baru sekedar kepoin IGnya saja belum pernah cobain bajunya atau liat performancenya, tapi siapa tahu bisa jadi referensi untuk kalian.

4.       Kynara Roemah Penganten (@kynara_roemahpenganten)
5.       Pelaminan Eva Elmon (@pelaminanevaelmon)
6.       Sanggar Jihan (@sanggarjihan)
7.       Sanggar Komalahadi (@sanggar_komalahadi)
8.       Kemilau Minang (@kemilauminang)
9.       Citra Fithia (@citrafithia)
10.   Sanggar Radja (@sanggarradja)
11.   Pelaminan Chandra (@Chandrasutansati)
12.   Linda Pelaminan (@lindaminangpelaminan)
13.   Nilasari Dekorasi (@nilasari_dekorasi)
14. Sanggar Mayang Taurai (@sanggar_mayang_taurai)
15. Rumah Pengantin Yuniskha (@yuniskha)

Kalo kalian ingin quotation lengkapnya boleh email aku saja ya, atau baiknya sih ya hubungi sanggarnya langsung, karena ya tiap gedung dan tiap permintaan kan beda, yang perlu diingat untuk venue yang aku pilih itu luas banget bisa nampung sampe 3000 orang jadi ya wajar saja ya dekorasinya lebih mahal, pelaminannya pun biasanya pakai ukuran yang lebih besar, jumlah penari dan penerima buku tamunya juga harus lebih banyak untuk mengimbangi, jadi memang banyak banget variabelnya dalam nentuin budget resepsi itu, harga yang aku taro disini tentu gakbisa kamu jadikan patokan kecuali kamu memakai venue yang kriterianya mirip-mirip sama venue yang aku pakai juga.

Untuk vendor sanggar minang yang akhirnya aku pilih akan aku bahas nanti sekalian review performancenya setelah acara resepsi pernikahanku selesai ya, doakan saja semuanya berjalan lancar, aamiin.

5 comments:

  1. baca ini keinget persiapan aku nikah 3 tahun lalu.. haha.. nama-nama sanggar yang reiput sebut ini sempet aku survey, djusmasri, dindasakato..trus akhirnya aku pakr gadih rantiii.. sukaa. . kebetulan pas banget dia rekanan sama catering yang aku pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya ka Aya, aku suka juga sama Gadih Ranti sayang aja ga ada bajunya yang muat wkwkwk

      Delete
  2. Hai putri, salam kenal :)
    Kebetulan aku juga lagi survey vendor untuk sanggar minang..
    Boleh minta quotation/pricelist yang kamu punya kah?

    Terima kasih sebelumnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi unknown, boleh2 aja kok tapi sayangnya aku gatau harus reach kamu kemana ya dan kamu siapa ya....

      Delete
  3. Hi mba, boleh tau venue yg mba pilih itu dmn ya?

    ReplyDelete