Friday, October 6, 2017

Priceza Indonesia : Kenalan Sambil Belajar SEO bersama Priceza

Siapa yang pernah dengertentang Priceza Indonesia? Wah belum pernah? Sama sih aku juga belum terlalu kenal sama Priceza Indonesia, tapi tanggal 21 September kemarin akhirnya aku kenalan sama Priceza Indonesia, gak cuma kenalan gitu aja tapi aku juga belajar tentang SEO dari ahlinya mas Aulia Naratama, so excited karena ini blogger event pertama yang aku ikuti lagi setelah vacuum sekitar setahun karena menuntut ilmu di negeri tulip.



Karena acaranya dimulai dengan perkenalan dengan Priceza Indonesia jadi aku juga mau ngenalin dulu deh Priceza Indonesia ke kalian. As kids jaman now sumpah ini siapa sih yang pertama kali ngepopulerin pastinya kalian udah jago lah ya dalam urusan perbelanjaan online, udah khatam semua e-commerce maupun market place nyari mana nih yang harganya paling murah, promonya paling banyak. Nah kalo dulu buat bandingin harga termurah kita harus capek keliling satu toko ke toko lainnya, jaman sekarang kita cuma butuh gadget aja, dan Priceza Indonesia makin mempermudah hasrat kepelitan berhemat kita dengan menyediakan suatu platform dimana Price Indonesia bakalan ngasih perbandingan harga-harga barang dari satu e-commerce ke e-commerce lainnya di jagat internet raya. Nggak cuma itu, Priceza Indonesia juga punya visi untuk memberikan pengalaman online shopping yang lengkap dengan penawaran menarik dan info-info yang bermanfaat.

halaman depan Priceza Indonesia


Saat ini Priceza Indonesia yang beralamat di http://www.price.co.id ini sudah memiliki sekitar 50juta produk dari berbagai kategori dan udah ada lebih dari 200 online shop yang bergabung. Priceza bisa diakses via website bisa juga via aplikasi dari handphone, jadi gampang banget.

contoh perbandingan harga

Dari tadi aku nyebutnya Priceza Indonesia terus ya, emang ada Priceza lainnya? yups, Priceza Group didirikan tahun 2010 oleh tiga insinyur komputer asal Thailand, jadi induknya Priceza ini ada di Thailand dan Priceza Indonesia merupakan salah satunya selain Priceza Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Filipina.

Priceza Indonesia punya program baru lho, yaitu "Priceza Point Rewards" untuk para membernya, melalui program ini member bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik seperti pulsa, voucher belanja, scarf dll. Tiap dua bulan ada dua jenis hadiah yang bisa dituker dengan gift yaitu regular gift yang mana hadiahnya tersedia setiap saat, maupun lucky draw yang hadiahnya merupakan kejutan di setiap periode tertentu.

Nah, cara ngumpulin poinnya gimana tuh?
sebagaimana ada banyak jalan menuju Roma ada pula banyak jalan buat ngumpulin poin Priceza Indonesia, yaitu:
- subscribe email atau download aplikasi Priceza - 50 poin
- review produk (min 100 karakter), cucok nih buat para beauty blogger  atau blogger pada umumnya - first review diganjar 50 poin dan seterusnya 25 poin
- pergi ke halaman toko - 10 poin
- menyukai dan menyimpan produk - 10 poin
- voting penawaran dan peringkat produk - 10 poin (on apps only)

Masing-masing pengumpulan poin ini cuma berlaku 1x per hari dan apabila dilakukan melalui apps Priceza Indonesia bakal dikasih poin 2x lipat, wow.



Oke udah kenal sama Priceza Indonesia? Nah sekarang mari kita lanjut ke sesi SEOnya

Sebelumnya aku tuh gak aware lah sama SEO ini, buatku ngeblog ya buat menyalurkan hobi aja dimana lewat blogging aku bisa menyampaikan ide-ideku dan bebas berkreasi. Ternyata, hobi yang satu ini bisa banget dikembangin buat menghasilkan secara finansial lho! SEO membantu kita untuk membuat blog atau website kita ini ada di page one Google.



Banyak banget hal yang dijelasin yang bikin aku pusing sendiri haha, padahal ini masih basicnya banget ya, SEO ini lumayan teknis banget sih, tapi aku akan berusaha merangkum apa yang dijelasin sama mas Aulia selama kurang lebih 4 jam.

Search Engine Optimization is the process of improving the visibility of a website in search engine via the organic search. SEO adalah strategi untuk meningkatkan traffic website dari keyword-keyword yang potensial.

Proses SEO gabisa instant, butuh berapa lama buat dapetin hasil optimal? Sekitar 4-6 bulan paling cepat dengan kondisi kompetisi keywords yang tidak terlalu besar. Contoh yg kompetisinya tinggi itu travel.
Biar optimal semua harus dikasih keyword, meta data, konten dan link.

SEO steps
1.       Memilih keyword yang tepat, ibaratnya tujuan hidup
3 tools yg bisa digunakan “google autocomplete search”, https://www.google.co.id/trends, https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner
Keyword yang panjang tapi laris : how to…..
-          Brand name keywords à penting! Masa nama website/blog sendiri ga menang d google?
-          Product association keywords à blog kita positioningnya sebagai apa
-          General keywords à keyword general yang di search banyak orang, bisa juga long tail keywords atau keywords yang panjang
-          Broad/opportunity keywords à keyword sesuai dengan trend. Contoh di bulan Ramadhan trending kewordsnya adalah “resep”

2.      Meta data optimization
Apa itu metadata?

3.      Content optimization
Content is king! 5 important things on SEO Content
-          Words quantity up to 500 words, 15000 kata kalo mau mejeng di page 1
-          Keywords repetition
-          Keywords placing à every first word of title and paragraph
-          Keywords synonym à adding keyword synonym 1% x total words
-          Unique à never copy any article, recheck on http://www.plagiarismchecker.com (tenang Google mempenalty tulisan2 yang copas)

4.       Offpage optimization à penyebaran link penting untuk google
-          Keyword on anchor text
Yang paling ngaruh untuk nimbus seo adalah konten!

Kira-kira itulah yang bisa aku rangkum dari sesi workshop, gak cuma belajar kita juga langsung praktek saat itu juga, dan ternyata puyeng juga yah hahaha.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat ya, see you next time!


No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com